ads top

Kenapa kaktus bisa tumbuh dipadang pasir yang tandus...?

akutau.com - Hai teman teman, Tahukah teman mengapa tumbuhan kaktus mampu bertahan bahkan tumbuh di padang pasir yang sama sekali tak memiliki kandungan air di dalam tanahnya? Seperti kita tahu, tidak ada satupun tanaman ataupun tumbuhan yang mampu bertahan hidup di padang pasir. Padang pasir merupakan kawasan tandus yang hanya berisi pasir kering dan tak mampu menyimpan air di dalamnya.

Meskipun tak ada satupun tumbuhan yang mampu bertahan hidup di padang pasir, tidak demikian dengan kaktus. Tumbuhan berduri ini bukan saja mampu bertahan bahkan bisa berkembang dan tumbuh menjadi besar. Lantas darimana tanaman ini mendapat air untuk kehidupannya?
Ternyata inilah keistimewaan kaktus dibandingkan jenis tanaman lainnya. Kaktus merupakan tumbuhan yang mampu menyimpan air dengan baik. Bahkan seluruh bagian tanaman ini mengandung air. Air yang tersimpan di dalamnya itulah yang digunakannya untuk menghidupi diri dan untuk pertumbuhannya.

Hujan memang jarang sekali turun di kawasan padang pasir. Namun sekali saja hujan turun, maka kaktus akan menyerap air sebanyak mungkin dan menyimpannya di dalamnya.

Apa Manfaat Duri Kaktus?
 
Yang lebih unik lagi, berbeda dengan jenis tanaman lainnya, tanaman kaktus tidak bisa dibedakan dengan jelas antara bagian daun, batang, ataupun akarnya. Bahkan kemampuan semua bagian kaktus serupa, terutama dalam menyerap air. Bahkan duri kaktus yang tajam memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan kelembaban saat malam sehingga dapat menetes air embun untuk diserapnya.

Duri tajam kaktus juga berguna untuk menghalau hewan yang ingin mengambil air didalamnya. Dengan kata lain, selain untuk mempertahankan diri, duri kaktus yang tajam juga berguna untuk menyerap embun jika hujan tak kunjung turun.

Pertanyaan selanjutnya yang agak menggelitik adalah, bagaimana dengan panas terik matahari di padang pasir yang begitu menyengat, bukankah hal ini akan menyebabkan tanaman layu dan membuat air di dalam batang kaktus menguap?
Ternyata jawabannya tidak. Air di dalam tumbuhan kaktus tidak akan menguap karena batang tanaman unik ini dilapisi dengan selaput sejenis lilin yang melindunginya dari terik matahari. Inilah hebatnya tanaman ini. Karena itulah kaktus seperti dewa penolong terutama bagi orang-orang yang kehabisan air saat melewati gurun atau padang pasir.

Demikianlah sedikit informasi tentang tanaman kaktus. Semoga pengetahuan tentang mengapa tumbuhan kaktus mampu tumbuh di padang pasir ini berguna untuk menambah pengetahuan teman teman semua ya....
Share on Google Plus

About Unknown

Ut wisi enim ad minim veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis autem vel eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel illum dolore eu feugiat nulla facilisis at vero eros et accumsan et iusto odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis.

0 comments:

Post a Comment